Home Interior

5 Cara Merawat AC Ruangan Agar Awet dan Tetap Dingin

AC (Air Conditioner) adalah mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu dan kelembaban suatu ruangan atau area yang diinginkan. Berada di negara tropis seperti Indonesia tentu membutuhkan mesin ini supaya aktivitas sehari-hari menjadi nyaman.

Bila di ruangan Anda terdapat AC, pastikan untuk senantiasa merawatnya. Hal ini bertujuan supaya tidak cepat rusak dan meringankan beban biaya servis. Berikut ini 5 cara sederhana merawat AC biar tahan lama.

 

5 Cara Merawat AC Agar Awet Bertahun-tahun:

1. Menutup Jendela, Pintu, dan Ventilasi saat AC Dihidupkan

Ini merupakan hal paling dasar yang perlu diketahui, menutup seluruh ventilasi saat AC menyala. Tujuannya supaya AC bisa fokus untuk mendinginkan ruangan dan meringankan beban kerja kompresor. Sehingga, AC Anda bisa bekerja secara optimal dan mencapai suhu yang diinginkan.

 

2. Hindari Menyalakan AC Langsung ke Suhu Rendah

Seringkali kita menjumpai proses menyalakan AC menggunakan remote langsung ke suhu paling rendah, dengan tujuan agar ruangan cepat dingin. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya dan mengurangi harapan usia AC Anda.

Sebagai contoh bila Anda mengatur di titik suhu 20°C, maka kompresor AC langsung bekerja keras untuk membuat suhu di titik tersebut. Ketika AC sudah mendekati titik suhu yang diinginkan, maka kompresor berhenti dan hanya mengeluarkan angin saja. Jika suhu ruangan meningkat, kompresor akan bekerja kembali untuk mendinginkan.

Nah, bagaimana jika mengaturnya titik suhu dibawahnya? Jelas sistem menjadi tidak stabil. Apabila aktivitas ini tetap dipaksakan maka pendeteksi suhu AC menjadi tidak akurat dan dapat memangkas harapan usia kompresor.

 

3. Mengatur Pemakaian AC dengan Timer

Teknologi yang digunakan saat ini sudah ada fitur timer yang bisa mengatur durasi AC saat dihidupkan. Rata-rata waktu penggunaan AC yang paling aman adalah 5 jam. Jadi, menggunakan timer akan membantu Anda supaya AC tahan lama bertahun-tahun dan tetap dingin.

 

4. Mengecek Filter dan Freon AC Secara Berkala

Filter AC merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran. Apabila filter penuh dengan debu, dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan respon sistem menjadi tidak akurat.

Mengecek berkala Freon AC juga menjadi hal yang paling penting karena komponen inilah yang membuat ruangan tetap dingin. Jika ruangan tiba-tiba tidak sesuai titik suhu yang diinginkan, bisa jadi karena Freon harus diisi ulang.

 

5. Memastikan Tenaga Kerja AC Sesuai dengan Luas Ruangan

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah selalu memastikan tenaga kerja AC sesuai dengan luas ruangan. Satuan tenaga kerja AC biasa disebut PK (Paard Kracht) atau daya kuda. Memasang AC dengan PK yang tepat akan mempengaruhi kinerja suhu di suatu ruangan. Menggunakan PK kecil di ruangan besar akan menambah beban kerja AC serta membuatnya cepat rusak. Sedangkan menggunakan PK besar di ruangan kecil akan menimbulkan pemborosan listrik.

 

Penutup

Demikian pembahasan bagaimana merawat AC ruangan kesayangan Anda biar awet bertahun-tahun. Memiliki AC yang tahan lama tentu dapat mengurangi beban biaya servis yang tiap tahunnya selalu meningkat. Maka, perlu melakukan tindakan pencegahan seperti poin-poin diatas, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar